Sunday, February 7, 2010

tips jalan kaki yang aman

Banyak anak-anak sekolah yang berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Biasanya mereka membawa bekal makanan atau uang untuk membeli makanan, tetapi masih banyak yang tidak dibekali dengan cara berjalan kaki yang aman menuju ke sekolah.

Padahal banyak sekali potensi kecelakaan terjadi “hanya” pada saat berjalan kaki menuju ke sekolah.



Berikut beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk keselamatan anak-anak pada saat di jalan :

1. Berjalanlah selalu diatas trotoar. Karena trotoar dibuat khusus unutk pejalan kaki dan dengan ketinggian yang berbeda dengan jalan raya, sehingga memberikan tambahan perlindungan untuk yang berjalan diatasnya. Dengan berjalan di trotoar, maka lalu-lintas juga akan berjalan dengan tertib.
2. Bila berjalan bersama pengantar (orang dewasa), maka pengantar berjalan di sisi yang paling dekat dengan jalan, dan anak berjalan di sisi yang paling dalam. Jangan bergandengan lebih dari 2 orang, untuk memberikan ruang yang cukup saat berpapasan dengan pejalan kaki yang lain.
3. Berjalanlah dengan menghadap arus lalu-lintas sehingga dapat melihat kendaraan yang bergerak ke arah kita dan kita dapat saling melihat dengan pengemudi atau pengendara. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk antisipasi.

Kenali tips jalan kaki yang aman, prediksi dan antisipasi..untuk hidup kita yang lebih baik.